TN MERBETI BANGUN KESADARAN KONSERVASI GENERASI MILINEAL
Diunggah oleh : Raditya Arief pada tanggal 29 May 2019 09:18:38

Jember, 29 Mei 2019. Balai Taman Nasional Meru Betiri (TN MerBeti) mengadakan sarasehan dalam rangka memperingati hari Keanekaragaman Hayati dengan tema “Membangun generasi milineal, kita bangun kesadaran konservasi”. Bertempat di aula kantor TN MerBeti, acara ini dihadiri oleh 30 peserta yang berasal dari Mahasiswa Universitas Jember, FK3i, SMAN 2 Jember, SMAN 1 Arjasa, GENPI Jember, serta tamu spesial dari praktisi batik, Yuniar dan duta batik Jawa Timur, Nektara.

Dalam sarasehan yang dibuka oleh Kepala Balai TN MerBeti, Maman Surahman S.Hut., M.Si. ini, peserta diajak mengenal lebih dekat tentang TN MerBeti. "TN MerBeti merupakan salah satu kawasan konservasi yang menjaga keutuhan ekosistem dan keanekaragaman hayatinya. Sejak dahulu kehidupan manusia tidak bisa dipisahkan dari alam. Pemanfaatan alam bisa dilakukan dengan eksploitasi yang dapat merusak atau dengan bijaksana tanpa merusaknya. Jika alam rusak akan mengganggu keseimbangan ekosistem dan merugikan manusia. Oleh karena itu, perlu suatu cara untuk memanfaatkan alam dengan bijaksana". Jelas Kabalai TN MerBeti.

Sesuai dengan tema yang diangkat, TN MerBeti mengenalkan cara pemanfaatan alam secara bijaksana melalui ecoprint, yaitu sebuah teknik memberi pola pada suatu bahan (kain, kertas, dll) dengan menggunakan bahan alami. Kali ini, peserta diajak mempraktekan secara langsung teknik ecoprint melalui selembar kertas dengan bahan dari bunga warna-warni. Caranya dengan mengambil helaian kelopak bunga untuk disusun sesuai keinginan di atas kertas putih yang dilipat menjadi dua. Setelah itu kertas ditekan menggunakan pemukul secara perlahan hingga warna dan bentuk kelopak menempel pada kertas. Peserta mengikuti acara ini dengan antusias, dimana hasil karya yang telah dibuat dapat dibawa pulang.

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, bisa melahirkan generasi milenial yang mampu memanfaatkan alam secara bijaksana.

“Kita harus bangga dengan keanekaragaman hayati kita. Memajukan budaya Indonesia melalui ecoprint diperlukan kreatifitas tinggi dan ketekunan. Mari bersama-sama kita kembangkan. Nantinya akan dibuat persemaian pewarna alam untuk mendukung perkembangan pewarnaan alami dari TN. MerBeti” Jelas Kabalai TN MerBeti.