Sosialisasi Penegakan Hukum di SPTN Wilayah II, TN MerBeti
Diunggah oleh : Raditya Arief pada tanggal 02 Jun 2019 16:27:45

Jember, 31 Mei 2019. Resort Wonoasri Balai TN Meru Betiri mengadakan kegiatan sosialisasi penegakan hukum terhadap pelaku perempesan tanaman pokok yang berada di areal rehabilitasi. Sebelumnya, Senin 27 Mei 2019 bertempat di kantor Resort Wonoasri diadakan pertemuan kelompok tani LMDHK “Wono Mulyo”. Selain untuk sosialisasi, tujuan pertemuan ini juga untuk mempererat tali silaturahmi dan persiapan menghadapi musim kemarau. Dihadiri oleh Kepala SPTN Wilayah II Ambulu, Kepala Desa Wonoasri, Ketua BPD Desa Wonoasri, Kapolpos, Bhabinkamtibmas Desa Wonoasri, Ketua LMDHK "Wono Mulyo", para ketua kelompok petani Rehabilitasi, staf dan MMP RPTN Wonoasri.

Dalam sambutannya, Kepala SPTN Wilayah II Ambulu, Ir. Agust Dwiandono mengajak para petani rehab bersama petugas TN MerBeti berperan aktif dalam mengamankan lahan miliknya, dan tidak menggantungkan sepenuhnya kepada petugas. Yang dihadapi petani saat ini, adanya perempesan daun nangka, sehingga pohon tak menghasilkan buah. Daun nangka biasanya digunakan sebagai pakan tenak. Untuk meminimalisir perempesan ini, TN MerBeti bersinergi dengan Pemerintah Desa Wonoasri dan perangkatnya untuk mensosialisasikan penegakan hukum terhadap pelaku perempesan tanaman pokok melalui pemasangan banner. Kepala Desa Wonoasri dan perangkatnya sangat mendukung program TN MerBeti.

Kepala SPTN Wilayah II Ambulu juga menghimbau agar petani menyisihkan sebagian hasil panennya untuk dibelikan bibit tanaman hutan dan tanaman MPTS jenis unggul sehingga hasilnya bisa memuaskan.

Puncak sosialiasi penegakan hukum terhadap pelaku perempesan tanaman pokok yang berada di areal rehabilitasi berupa pemasangan 10 banner di semua akses