Membuka Diri, TN MerBeti Bukan Organisasi Eksklusif
Diunggah oleh : Raditya Arief pada tanggal 25 Jun 2019 11:24:23

Jember, 20 Juni 2019. Balai Taman Nasional Meru Betiri (TN MerBeti) merupakan organisasi vertikal di bawah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Meskipun begitu, TN MerBeti membuka diri dengan melakukan koordinasi dengan berbagai instansi terkait baik yang berada di Kab. Banyuwangi maupun Kab. Jember. Hal ini menunjukkan bahwa TN MerBeti bukanlah organisasi eksklusif.

Pada tanggal 13 Juni lalu, Kabalai TN MerBeti, Maman Surahman, S.Hut, M.Si bersama Kepala SPTN Wilayah I Sarongan dan Kepala SPTN Wilayah III Kalibaru bersilaturahmi ke Kejaksaan Negeri Banyuwangi yang disambut oleh Kasi Intel, Bagus Nur Jakfar, SH MH. Diskusi berkisar tentang upaya pendekatan sosial masyarakat terhadap kasus-kasus tipihut serta upaya mempertahankan potensi TN MerBeti sebagai salah satu kekayaan negara yang wajib dilestarikan. Pihak Kejari dengan antusias menyampaikan peluang untuk melaksanakan pembinaan masyarakat sekitar kawasan melalui peran masing-masing dan mengedepankan masyarakat sebagai subyek dalam bentuk partisipasi masyarakat.

Selanjutnya, tanggal 19 Juni Kabalai TN MerBeti dan tim bersilaturahim ke UNEJ disambut oleh Wakil Rektor 2 beserta jajarannya. Dalam disukusi membahas tentang kelanjutan kerjasama kedua belah pihak dalam pengelolaan keanekaagaman hayati dan pemulihan ekosistem.

“Kita sudah membuka diri untuk membangun paduserasi pengelolaan dengan pembangunan daerah. Demikian juga Pemda sudah sangat welcome dengan penuh kehangatan untuk bersama melangkah memajukan Jember dan Banyuwangi. Insya Allah dengan kerja bersama pekerjaan menjadi ringan.” Jelas Kabalai TN MerBeti.