Kunjungan Inspektur Wilayah II di Pantai Sukamade
Diunggah oleh : Raditya Arief pada tanggal 05 Jul 2019 08:41:53

Banyuwangi, 3 Juli 2019. Kepala Balai dan jajaran struktural Taman Nasional Meru Betiri (TN MerBeti) melakukan kunjungan ke Resort Sukamade SPTN Wilayah I Sarongan dalam rangka mendampingi Inspektur Wilayah II pada tanggal 1-2 Juli. Kunjungan ini dihadiri juga oleh KSBTU TN Alas Purwo beserta jajarannya. 

Sebelumnya, Inspektur Wilayah II melakukan pembinaan pengelolaan keuangan, PBJ, dan teknis pengelolaan taman nasional di Aula Balai TN Meru Betiri yang dihadiri oleh Kepala Balai TN MerBeti, Kepala Balai TN Alas Purwo, Kepala Balai TN Baluran, BPDASHL Brantas-Sampean dan jajarannya. Pada siang harinya, rombongan bertolak ke Sukamade.

Hari sudah malam ketika rombongan sampai di Sukamade dan disambut oleh Kepala SPTN Wilayah I Sarongan dan semua personil Resort Sukamade. Dilanjutkan dengan acara ramah-tamah, perkenalan, diskusi dan pengarahan terkait pengelolaan konservasi penyu.

Tak hanya diskusi, Inspektur Wilayah II dan rombongan melakukan pengamatan penyu langsung di Pantai Sukamade, mulai dari proses penyu bertelur, evakuasi telur,  dan penandaan penyu menggunakan tagging. Bahkan, Bapak Inspektur juga terjun langsung dalam penanaman telur penyu di bak penetasan semi alami. Pada pagi harinya rombongan melakukan atraksi pelepasliaran anak penyu (tukik) di Pantai Sukamade.

“Pekerjaan kita dalam upaya penyelamatan satwa penyu ini merupakan pekerjaan yang berat sehingga dibutuhkan kerja keras, cerdas dan ikhlas. Pekerjaan kita semua sebagai pejuang konservasi ini merupakan tugas yang mulia sehingga merupakan ladang amal ibadah bagi kita semua. Jaga selalu kekompakan dan persaudaraan serta jangan lupa untuk senantiasa menjalankan kewajiban yang paling utama yaitu ibadah kepada Sang Pencipta yang itu akan menjadikan kita sebagai manusia seutuhnya yang bekerja untuk menjaga kelestarian sumber daya alam.” Pesan Ir. Sumarto, M.M selaku Inspektur Wilayah II.