MBSC, Konservasi Sejak Dini, Kini, dan Nanti
Diunggah oleh : Raditya Arief pada tanggal 11 Sep 2019 09:04:23

Jember, 04 September 2019. Meru Betiri Service Camp (MBSC) kembali diselenggarakan di Resort Bandealit SPTN Wilayah II Ambulu Balai Taman Nasional Meru Betiri (TN MerBeti). Kegiatan ini dilaksanakan selama 5 (lima hari) dari tanggal 30 Agustus hingga 03 September 2019. 

MBSC XX ini diselenggarakan oleh Wadah Informasi Pecinta Alam Se-Eks Besuki (WIPAB) yang bekerja sama dengan TN MerBeti serta Bidang III Balai Besar KSDA Jawa Timur. Tujuannya yaitu untuk membentuk kader konservasi tingkat pemula TN MerBeti.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 64 peserta dari berbagai daerah seperti Jakarta, Bandung, Malang, Madura, Bali, dan tentu saja dari Jember, serta daerah-daerah yang lain di Indonesia. Peserta diberangkatkan dari kantor Balai TN MerBeti.

“Selamat mengikuti kegiatan MBSC, semoga lancar dan kembali dalam keadaan selamat dan sehat. Manfaatkan waktu sebaik mungkin untuk mengenal TN MerBeti. Kita tunggu peran aktif kader dalam upaya pelestarian TN MerBeti.” Pesan Kepala Balai, Maman Surahman S.Hut.,M.Si. dalam apel pemberangkatan Jumat lalu.

Dalam MBSC XX disampaikan bagaimana pentingnya para generasi muda untuk menjaga alam dan lingkungan, minimal untuk dirinya sendiri. Namun demikian, diharapkan dari MBSC ini peserta nantinya setelah kembali ke tempat masing-masing, dapat mengajak saudara, keluarga, teman, atau komunitas yang ada di sekitarnya untuk lebih sadar dan peduli terhadap alam dan lingkungannya.

Kegiatan ini selesai dilaksanakan tanggal 3 September 2019. Pesan yang disampaikan oleh panitia adalah agar teman kader konservasi yang baru, dapat menghubungi teman kader yang lain dilingkungan tempat tinggalnya. Sehingga nantinya dapat bergabung dalam kelompok Forum Komunikasi Kader Konservasi Indonesia (FK3I) setempat, serta turut serta dalam kampanye lingkungan secara aktif.

Harapannya, tahun depan MBSC dapat diselenggarakan kembali, sehingga transfer ilmu tentang pentingnya alam dan lingkungan dapat terus berlanjut di kawasan Taman Nasional Meru Betiri.

Salam lestari....

Salam lestari...

MBSC...... Masih ada....