Peringati Hari Nusantara 2019, Balai TN MerBeti Lepas 1412 Ekor Tukik
Diunggah oleh : Raditya Arief pada tanggal 18 Dec 2019 13:54:19

Sukamade, 14 Desember 2019. Sebanyak 1.412 ekor tukik (anak penyu) jenis penyu hijau (Chelonia mydas) dilepasliarkan di Pantai Sukamade, Balai Taman Nasional Meru Betiri (MerBeti) dalam rangka memperingati Hari Nusantara Tahun 2019. Tukik  yang dilepas merupakan hasil penetasan semi alami oleh Unit Konservasi Penyu (UKP) Sukamade. Acara ini dipimpin langsung oleh Kabalai TN MerBeti, Maman Surahman, S.Hut,M.Si dan dihadiri oleh Kabid Hukum POLDA Jatim, Administratur Kebun Sukamade, dan staff Balai TN MerBeti.

Acara pelepasan tukik diawali dengan pengambilan tukik di penetasan semi alami UKP. Kemudian dibawa ke lokasi pelepasan yaitu Pantai Sukamade. Pantai ini dipilih sebagai lokasi untuk memperingati Hari Nusantara karena sebagai salah satu nesting site terbaik bagi penyu hijau di Indonesia. Tercatat 4 dari 7 jenis penyu di dunia mendarat di pantai ini. Berdasarkan data UKP hingga tanggal 13 Desember 2019 tercatat tidak kurang dari 113.925 butir telur yang ditanam dari 1062 sarang penyu, sedangkan  jumlah tukik yang telah dilepasliarkan di Pantai Sukamade sejumlah 63.065 ekor.

Kabalai TN MerBeti berharap tukik yang dilepasliarkan tersebut dapat bertahan hidup hingga dewasa sebagai bagian dari lingkungan di alam dan mampu berkembang biak serta kelestariannya di alam dapat terjaga hingga ke anak cucu kita.

“Semoga pelepasliaran tukik ini dapat memberikan pembelajaran dan meningkatkan kepedulian bagi khalayak umum untuk turut serta melestarikan penyu sebagai salah bagian dari pelestarian bahari Indonesia. Masyarakat dapat turut serta dalam menjaga ekosistem laut Nusantara melalui aksi nyata dengan tidak mencemari laut, tidak berburu penyu ataupun telur penyu, dan tidak memperjualbelikan bagian-bagian tubuh penyu.” Ujar Kabalai TN MerBeti, Maman Surahman, S.Hut,M.Si