Banteng
Diunggah oleh : Nafi pada tanggal 05 Feb 2020 09:57:21

BANTENG ( Bos javanicus )

Taksonomi

Kingdom                     : Animalia

Divisi                           : Chordata

Kelas                           : Mamalia

Ordo                            : Artiodactyla

Famili                          : Bovidae

Genus                          : Bos

Spesies                        : Bos javanicus

 

DESKRIPSI UMUM

Banteng termasuk salah satu satwa yang dilindungi di Indonesia berdasarkan Peraturan Pemerintah nomor: 7 tahun 1999 tentang Pengawetan jenis tumbuhan dan satwa liar. Sedangkan menurut IUCN Banteng termasuk dalam kategori endangered species (www.iucnredlist.org 2016). Perlindungan terhadap satwa Banteng diwujudkan dalam bentuk perlindungan terhadap habitatnya.

Penyebaran populasi Banteng di dunia meliputi Bangladesh, Brunei Darussalam, Kamboja, India, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Thailand dan Vietnam. Sedangkan di Indonesia sendiri populasinya menyebar pada hutan hujan dan bambu di Pulau Kalimantan, Jawa dan Semenanjung Melayu (IUCN 2002). Kawasan TN MerBeti juga diketahui menjadi habitat bagi satwa tersebut. Pada tahun 2019 diperkirakan populasi banteng di TN MerBeti sebanyak 69 ekor.

Banteng-Banteng yang terdapat di Kawasan TN MerBeti merupakan Banteng yang hidupnya berkoloni (berkelompok-kelompok) dan terpisah-pisah sesuai koloninya menempati habitat yang tersebar di beberapa tempat di kawasan TN MerBeti. Habitat Banteng tersebut terutamanya adalah savana dan juga semak ilalang yang berada di dalam kawasan.